Mengenal Sinusitis Maksilaris dan Obat Herbal Sinusitis Maksilaris

Mengenal Sinusitis Maksilaris dan Obat Herbal Sinusitis Maksilaris

Mengenal Sinusitis Maksilaris dan Obat Herbal Sinusitis Maksilaris

Penyakit sinusitis terjadi karena adanya suatu pembengkakan atau peradangan atau inflamasi di dinding sinus. Penyakit sinusitis dibagi dalam beberapa jenis berdasarkan di sinus bagian mana yang mengalami masalah. Salah satu diantaranya adalah sinusitis maxilaris. Obat herbal sinusitis maksilarissaat ini tengah banyak dicari karena sinus jenis ini cukup berbahaya dan perlu penanganan khusus.

Sinus berlokasi di area rongga hidung. Ada 4 jenis sinus yaitu sinus etmoidalis yang berlokasi di kedua mata , sinus frontalis yang berlokasi di dahi, sinus sfenoidalis yang berlokasi di belakang dahi, dan sinus maksilaris yang berlokasi di pipi.

Sinus sendiri memiliki fungsi untuk menjaga kelembapan udara yang masuk ke paru-paru, menjadi filter dari udara yang masuk dalam paru-paru supaya bersih dari virus atau bakteri. Sinus juga memproduksi mukus atau lendir yang disalurkan melalui saluran sinus untuk menjaga kelembapan udara.

Tapi saat sinus mengalami peradangan atau pembengkakan, sinus akan tersumbat dan mukus yang seharusnya di salurkan untuk melembabkan udara akhirnya akan mengendap dan terjadi infeksi.

Sinusitis Maksilaris.

Sinusitis Maksilaris terjadi penumpukan mukus di sinus maksilaris yang berada di rongga pipi. Apakah sinusitis ini berbahaya? Bagaimana dengan pengobatannya? Apakah obat tradisional sinusitis maxiliarisbenar-benar bisa diandalkan?

Sinusitis maxilaris pada awal mulanya hanya terjadi di bagian sinus maxilaris yang ada di rongga pipi. Namun jika kondisi sinusitis maksilaris ini dibiarkan semakin kronis, peradangan tidak hanya akan terjadi di sinus maxilaris tapi akan menyebar ke area lain.

Ada beberapa penyebab dari sinus maxilaris ini, diantaranya seperti infeksi gigi. Bakteri penyebab infeksi gigi bisa masuk melalui rongga mulut dan masuk ke sinus maxilaris sehingga terjadi peradangan.

Selain itu, flu berkepanjangan dan juga alergi bisa menyebabkan peradangan di sinus maxilaris. Infeksi dari virus influenza bisa menyebar sampai menginfeksi rongga sinus sehingga sinus mengalami peradangan. Biasanya penderita akan mengalami gejala pilek yang cukup lama, dan tidak bisa disembuhkan dengan obat pilek biasa. Penyakit polip juga bisa memicu penyakit sinusitis ini.

Orang-orang yang tinggal di area dengan tingkat polutan yang tinggi juga bisa beresiko lebih tinggi terkena sinusitis. Hal ini karena zat aktif yang terkandung dalam polutan bisa menyebabkan iritasi dan bisa memicu terjadinya peradangan di sinus.

Gejala penyakit sinusitis maxilaris.

Sebagai tanda seseorang mengidap sinusitis maxilaris, penderita biasanya akan mengalami beberapa gejala. Meski gejala yang timbul bisa menjadi indikasi untuk menentukan apakah seseorang mengidap penyakit sinusitis atau tidak, tapi pemeriksaan medis tetap perlu dilakukan untuk mengetahui secara mendetail.

Hal ini karena dalam beberapa kasus gejala awal tidak begitu terasa. Penderita tidak sadar bahwa peradangan sinus tiba-tiba sudah menjadi cukup parah.

Biasanya akan dilakukan pemeriksaan seperti CT Scan dan USG untuk mendapatkan diagnosis akurat. Darisitu biasanya juga akan diketahui penyebab dari sinusitis dan pengobatan bisa dilakukan dengan berdasarkan penyebab sinusitis.

Berikut beberapa gejala yang terjadi pada penderita sinusitis maxilaris yang harus Anda waspadai.

  • Muncul gejala pilek dengan hidung tersumbat, bersin-bersin dan gejala-gejala umum lainnya. Bedanya, gejala pilek terjadi dalam jangka waktu yang cukup panjang bisa sampai 4 minggu.
  • Akan muncul rasa nyeri di area wajah, terutama di pangkal hidung. Akan semakin nyeri saat ditekan atau saat kepala digeleng-gelengkan. Hal ini karena peradangan pada sinus akan mempengaruhi syaraf dari wajah, dahi dan juga tenggorokan. Jadi area-area tersebut akan sangat riskan mengalami sakit.
  • Munculnya lendir berwarna kuning kehijauan dan sedikit bau. Biasanya lendir yang keluar juga bercampur dengan darah. Lendir tidak akan hanya keluar dari hidung tapi juga bisa keluar dari rongga mulut.
  • Penderita akan mengalami demam hingga suhu badan sangat tinggi. Hal ini karena sistem imun tubuh akan bereaksi terhadap virus yang menyebabkan peradangan sinus dan membuat suhu tubuh inti naik.
  • Penderita akan mengalami penurunan kemampuan penciuman. Kemampuan mencium akan turun dengan sangat derastis dan penderita akan kesulitan membedakan bau.
  • Saat berada di daerah dengan suhu dingin, daerah yang mengalami pembengkakan akan terasa sangat nyeri dan pernafasan akan terganggu.

Jika Anda mengalami beberapa gejala diatas, segera periksakan diri dan ubah pola hidup Anda. Ada beberapa hal yang harus Anda hindari supaya peradangan tidak berubah semakin parah, terutama dengan pola hidup.

Jika sudah mengalami gejala sinusitis, segera hindari rokok dan minuman beralkohol. Racun dalam rokok dan minuman beralkohol bisa membuat iritasi di saluran pernafasan. Hindari makanan pedas dan minuman bersoda karena bisa membuat peradangan di sinus semakin parah.

Disarankan untuk Anda lebih banyak mengkonsumsi makanan dengan kandungan antioksidan alami seperti teh hijau, alpukat, apel, dll.

Pengobatan sinusitis maksilaris.

Pengobatan yang digunakan secara medis biasanya menggunakan jenis obat decongestan. Obat ini bisa menghilangkan pembengkakan di sinus karena peradangan. Obat ini hanya mampu mengatasi sinusitis yang masih pada tahap belum terlalu parah.

Jika sinusitis maksilaris tadi disebabkan oleh bakteri, obat atihistamin akan digunakan. Jenis obat athistamin ini bisa menghentikan iritasi karena bakteri.

Sinusitis yang terjadi karena penyakit polip biasanya akan diobati dengan antibiotik atau nasal spray. Tapi perlu menjadi perhatian bagi Anda, bahwa penggunaan antibiotik tidak boleh sembarangan dan harus melalui resep dari dokter.

Diantara penyembuhan dengan obat kimia, ada juga beberapa cara tradisional menggunakan bahan-bahan herbal. Beberapa bahan herbal yang biasa digunakan seperti dun sambiloto, Bromelain, dan elderberry.

Cara herbal yang cukup populer untuk menyembuhkan sinusitis adalah gurah. Gurah adalah cara tradisional yang bisa menyembuhkan sinusitis. Gurah lebih dikenal sebagai salah satu cara untuk menyaringkan suara pada penyanyi atau santri di pesantren.

Gurah sudah cukup terkenal dan sering dimanfaatkan untuk menyembuhkan sinusitis. Caranya adalah dengan memasukan ramuan gurah ke hidung kemudian pasien diminta telungkup supaya semua lendir keluar dengan sendirinya melalui hidung dan mulut. Saat endapan lendiri keluar, peradangan akan disembuhkan.

Selain gurah, ada juga cara herbal yang lebih efektif yaitu dengan mengkonsumsi TNE. TNE adalah obat herbal yang sudah dipercaya oleh para dokter untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit termasuk penyakit sinusitis.

TNE tidak hanya bisa menyembuhkan peradangan, tapi juga bisa menyembuhkan berbagai jenis iritasi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi resiko mengalami sinusitis lagi bisa ditekan dan kesembuhan bisa lebih permanen.

TNE adalah obat herbal yang sudah diakui khasiatnya oleh para dokter di seluruh dunia dan sudah mendapatkan sertifikat halal dari MUI.

Cara mengkonsumsinya sangat efektif karena TNE sudah dibuat dalam kemasan dan berupa jus yang bisa kapan saja Anda konsumsi. Anda bisa mengkonsumsinya dengan rutin untuk menghasilkan efek yang lebih maksimal.

Selamat menggunakan TNE sebagai obat tradisional sinusitis maxillaris yang terpercaya. Untuk produk originalnya, belilah di website http://indonesiasehat.net/sinusitis/.

Enter text here to go at the beginning and/or end of your posts...