6 Jenis Tanaman Obat Sinusitis Tradisional

6 Jenis Tanaman Obat Sinusitis Tradisional

6 Jenis Tanaman Obat Sinusitis Tradisional

Tanaman obat sinusitis tradisional sebenarnya dapat Anda racik sendiri di rumah dengan menggunakan beberapa macam bahan herbal. Tetapi yang perlu diingat dalam pengobatan bahan herbal harus memiliki takaran dan juga campuran dari bahan herbal yang benar agar tubuh dapat menerima bahan herbal yang digunakan sekaligus penyakit sinusitis bisa disembuhkan dengan segera. Selain itu, pengolahan bahan herbal juga mampu meningkatkan sistem imun di dalam tubuh sehingga akan lebih mudah kebal terjadap berbagai jenis penyakit.

Sinusitis adalah peradangan atau inflamasi yang terjadi pada dinding sinus. Sinus adalah sebuah rongga kecIl yang terletak di bagian belakang tulang pipi dan dahi yang berisi udara. Sinusitis merupakan penyakit umum yang dapat menjangkit siapapun tidak pandang umur. Penyebab dan masalah sinusitis sudah sangat jelas yaitu penyumbatan di lubang kecil yang menghubungkan saluran hidung dengan sinus yang kemudian cairan tersebut tertimbun dan menumpuk di sinus sehingga menjadikan kuman terus tumbuh dan menyebabkan peradangan.

Gejala penyakit sinusitis

Pada umunya orang yang menderita sinusitis akut akan mengalami kesulitan saat bernafas. Hal ini disebabkan karena adanya pembengkakan yang terjadi di sekitar mata dan area wajah dan disertai rasa nyeri saat ditelan. Di samping itu, penderita sinusitis akut biasanya  akan memgalami sakit kepala yang berdenyut – denyut. Jika Anda ingin melakukan pengobatan dengan cara medis memang tidak ada salahnya, namun Anda juga bisa menyertakan tanaman obat sinusitis tradisional yang sangat berkhasiat. Berikut ini akan dijelaskan tanaman obat sinusitis tradisional dengan menggunakan bahan alami. Namun, sebelum itu alangkah baiknya Anda mengetahui dengan jelas gejala – gejala dari sinusitis akut yang sering di alami. Berikut ini beberapa gejala dari sinusitis akut, di antaranya :

  1. Biasanya penderita sinusitis akut akan ditandai dengan keluarnya lendir pada bagian hidung dan pada bagian belakang tenggorokan. Maka tidak heran, jika penderita sinusitis akut akan mengalami nyeri pada bagian telinga, sakit pada bagian tenggorokan,dan bau mulut yang tidak sedap.
  2. Penderita sinusitis akut akan mengalami kesulitan bernafas. Hal ini dikarenakan adanya penyumbatan cairan yang terjadi oleh cairan lendir yang bercampur dengan bakteri dan virus sehingga jalan masuk dan keluarnya udara akan tersumbat.
  3. Penderita sinusitis akut akan mengalami pembengkakan yang ditandai dengan rasa nyeri di bagian area wajah, mata, pipi dan hidung jika ditekan.
  4. Mungkin sudah banyak orang yang tahu bahwa mengalami hidung tersumbat karena pilek, maka Anda akan merasakan kesulitan mencium bau atau merasakan rasa makanan. Hal ini sama dengan yang dirasakan oleh penderita sinusitis akut yang akan mengalami kesulitan untuk mengenal rasa masakan dan bau.
  5. Di samping itu, penderita sinusitis akut akan mudah mengalami kelelahan dan juga deman
  6. Penyakit ini sering berhubungan dengan sakit pada bagian hidung dan juga tenggorokan, maka penderitanya akan sering mengalami batuk. Biasanya penderita sinusitis akut akan lebih sering mengalami batuk saat malam hari.

Tanaman herbal untuk sinusitis

  1. Daun krisan

Daun krisan juga salah satu bahan tanaman obat sinusitis tradisional yang sangat ampuh dan mujarab. Manfaat daun krisan sendiri adalah sebagai penghangat tubuh dan menurunkan demam pada anak. Di mana deman merupakan salah satu gejala dari penyakit sinusitis. Cara membuat ramuan tanaman obat sinusitis tradisional dengan menggunakan daun krisan adalah dengan mememarkan atau menumbuk beberapa lembar daun krisan. Tumbukan dari daun krisan tersebut kemudian Anda campurkan dengan menggunakan sedikit air. Setelah itu, teteskan air daun krisan tersebut ke dalam hidung dan biarkan dalam beberapa saat. Setelah itu Anda bisa mengeluarkan lendirnya secara perlahan – lahan. Anda bisa menggunakan obat dari daun krisan ini sebanyak 2 hingga 3 kali pemakaian. Dengan sifat daun krisan sebagai anti radang dan juga anti biotik sebagai penyembuhan sinusitis pada anak Anda.

  1. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu bahan rempah yang banyak digunakan sebagai pewarna alami dan juga penyedap makanan. Namun dibalik itu semua, ternyata kunyit merupakan salah satu tanaman obat sinusitis tradisional yang sangat berkhasiat. Bahan rempah yang satu ini juga biasa digunakan sebagai obat penyakit hati seperti kanker hati, hepatitis dan sirosis hati.  Cara membuat ramuan tanaman obat sinusitis tradisional dengan kunyit bisa dilakukan dengan cara merebus satu ruas kunyit dengan air hingga mendidih. Setelah itu, tambahkan madu sebelum mengonsumsinya. Konsumsi kunyit selagi hangat. Ramuan kunyit tersebut akan sangat membantu mengatasi penyumbatan yang terjadi di dalam rongga sinus. Di samping itu, kunyit juga memiliki sifat anti bakteri.

  1. Nanas

Nanas adalah jenis tanaman obat sinusitis tradisional yang selanjutnya. Buah nanas memilki kandungan bromelain yang bekerja untuk mengurangi peradangan yang terjadi pada bagian rongga sinus. Kandungan bromelain di dalam nanas juga mampu mengurangi produksi lendir sehingga lendir yang menyumbat tidak akan semakin banyak. Cara membuat tanaman obat sinusitis tradisional ini bisa Anda lakukan dengan membuatnya sebagai jus nanas atau Anda juga bisa memakan langsung buah nanas. Namun sayangnya saat Anda mengalami sinusitis yang kambuh, Anda tidak dianjurkan untuk mengonsumsinya bersamaan dengan obat – obatan medis. Sebab, kandungan bromelain dalam nanas akan menghilangkan efek obat medis dan membuat tubuh menjadi kurang nyaman.

  1. Batang sereh

Salah satu bahan penyedap masakan ini merupakan tanaman obat sinusitis tradisional yang bisa Anda gunakan. Batang sereh biasanya tidak hanya digunakan sebagai bahan masakan saja namun juga sebagai minyak untuk memijat. Khasiat alami dalam batang sereh sangat berguna untuk mengatasi sinusitis yang diderita oleh anak – anak. Banyak cara untuk membuat tanaman obat sinusitis tradisionaldengan menggunakan batang sereh ini. Anda bisa mengolahnya dengan cara mememarkan batang sereh hingga airnya keluar. Kemudian air dalam batang sereh itu Anda teteskan pada hidung buah hati Anda. Kemudian diamkan dalam beberapa saat dan kemudian keluarkan cairan di dalam hidung akan keluar dengan alami. Cara lain yang bisa Anda gunakan adalah dengan merebus batang sereh dengan air dan mencampurkannya dengan madu alami atau gula aren.

  1. Lada hitam

Salah satu bumbu dapaur yang satu ini memilki rasa pedas yang dapat digunakan sebagai tanaman obat sinusitis tradisional. Rasa pedas tersebut akan mampu mengencerkan lendir kotor yang menumpuk atau menggumpal di bagian sinus hidung. Untuk mengolah lada hitam sebagai tanaman obat sinusitis tradisional, cukup dengan cara mencampurkan lada hitam ke dalam masakan yang akan Anda konsumsi.  Adapun cara lainnya yang bisa Anda gunakan yaitu dengan cara menaburkan bubuk lada hitam ke aras tissu basah, setalah itu oleskan tissu basa tadi di hidung atau bawah hidung. Hal ini dilakukan agar penderita sinusitis bisa bersin. Lada hitam yang menilki aroma yang menyengat dan juga rasa yang pedas akan membantu tubuh dalam membersihkan hidung dari lendir yabg berisi kotoran yang menggumpal. Selain itu, dengan mengonsumsi lada hitam, juga akan membantu Anda dalam meningkatkan suhu tubuh agar tubuh Anda lebih terasa nyaman dan juga daya tahan tubuh akan meningkat.

  1. Mengkudu

Mengkudu adalah salah satu jenis tanaman obat sinusitis tradisional. Hal ini dikarenakan kandungan di dalam mengkudu yan befungsi untuk meredakan peradangan yang terjadi di dalam rongga hidung Anda. Namun dalam membuat obat tradisional ini, Anda tidak perlu repot sebab sekaran telah ada ekstra mengkudu yang bernama TNE. TNE bisa Anda dapatkan hanya di http://indonesiasehat.net/sinusitis/.

Enter text here to go at the beginning and/or end of your posts...